CARA MENANGANI KERUSAKAN HP





                           
Berbagai Macam Keluhan Pada HandPhone

1. Tidak Ada Sinyal (No Signal)
Penyebab Switch antena rusak, bisa karena hp sering berganti cashing dan ceroboh saat memasangnya, sehingga posisi cashingkurang tepat dan merusak komponen switch antena. Kerusakan pada switch antena akan menyebabkan ponsel "searching" terus-menerus dan menyebabkan gangguan sinyal pada hp
.
Switch antena yang rusak menyebabkan hp tidak dapat menerima dan mentransmisikan sinyal ke Base Transciever Station (BTS) sehingga tidak dapat masuk ke dalam jaringan operator. Kerusakan ini berhubungan dengan IC PA, RF Filter (RF IF), RF Processor (IF IC), dan switch antena. Pasalnya, keempat IC ini terkait langsung dalam proses penerimaan dan pemancaran sinyal.
Solusi

1.       Cek komponen PA, RF IF, IF IC, dan switch antena.
2.       Panaskan solderan timah pada komponen-komponen tersebut dengan menggunakan bot air. Secara otomatis kaki-kaki komponen tersebut akan rapi kembali dengan sendirinya. Atur suhu dan tekanan angin agar seimbang dibantu dengan cairan songka agar komponen tidak pecah. Lakukan langkah ini selama 1-2 menit.
3.       Bersihkan komponen yang telah dipanaskan dan terkena cairan songka dengan menggunakan cairan IPA.
4.       Uji ulang, apakah operasional sinyal sudah normal kembali. Caranya, hidupkan ponsel, perhatikan apakah indikator sinyal sudah muncul kembali.
5.       Ganti dengan komponen baru jika sinyal masih belum muncul saat diuji ulang.

2.      Kerusakan pada LCD
LCD Blank
Liquid Colour Display (LCD) termasuk bagian yang paling sering mengalami kerusakan. Kerusakan yang umum terjadi pada LCD (layar hp) antara lain tidak dapat menampilkan teks dan gambar. Kondisi ini dikenal dengan istilah "blank".
Penyebab
        LCD blank disebabkan oleh data yang berasal dari CPU tidak dapat ditampilkan (ter-display) pada layar hp. Ini dapat disebabkan oleh korosi (karat), sehingga jalur arus data dari CPU ke LCD terputus. Korosi biasanya disebabkan adanya cairan yang masuk ke dalam komponen hp. Meskipun LCD blank, bukan berarti LCD rusak atau mati total. Ini disebabkan masih terdapatnya tegangan arus yang mengalir. Kemungkinan lain yang juga dapat terjadi adalah kabel flexibel putus, konektor patah, rubber sobek, atau ketiganya kotor.
Solusi
1.       Periksa kabel fleksibel, konektor, dan rubber. Jika ketiganya kotor segera bersihkan dengan menggunakan cairan IPA. Gangguan kotoran dapat menyebabkan kabel fleksibel, konektor, dan rubber tidak dapat terkoneksi dengan sempurna sehingga tidak dapat menampilkan gambar ke LCD.
2.       Bila yang terjadi adalah kabel fleksibel putus, konektor patah, atau rubber sobek, komponen-komponen tersebut harus diganti.
3.       Periksa blok LCD dengan menggunakan multitester, apakah ada tegangan atau tidak. Jika tegangan mencapai 4,8 volt berarti LCD masih dalam keadaan baik.
LCD Pecah
Penyebab
        Biasanya akibat hp terjatuh atau mengalami benturan cukup keras sehingga menyebabkan layar LCD pecah dan cairan di dalamnya keluar. Bila ini terjadi, tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain harus mengganti LCD dengan yang baru.
Solusi
-          Copot LCD yang pecah ganti dengan LCD baru.
Membongkar dan memasang LCD harus ekstra hati-hati. Jangan sampai PCB tergores sehingga ada jalur yang putus.

3.      Baterai Ngedrop
Penyebab
1.       Proses pengisian baterai (charge) yang tidak teratur. Hal ini dapat menyebabkan baterai cepat menjadi anjlok (drop).
2.       Penggunaan charger yang tidak asli (original). Agar tidak mudah drop, baterai harus di- charger secara teratur dengan menggunakan charger yang asli atau sesuai dengan tipe hp tersebut.
3.       Proses charge yang terlalu berlebihan akan menyebabkan kondisi fisik baterai cepat ngedrop. Sebaiknya baterai di-charge 2-3 jam. Charge yang berlebihan juga dapat menyebabkan baterai mengembung dan rusak sehingga tidak baik untuk digunakan lagi.
4.       Baterai mengalami korosi akibat terkena cairan.
Solusi
1.       Gunakan multitester untuk mengecek arus baterai. Arus baterai ada di titik 0 menandakan arus baterai kosong, sehingga tidak dapat menghidupkan ponsel. Arus baterai pada multitester harus menunjukkan angka 4,2 volt DCV sebagai pertanda adanya arus.
2.       Bila arus baterai dalam keadaan kosong, kita dapat mengangkat arus tersebut dengan menggunakan desktop multi ataupower supply.
3.       Lakukan proses charge seperti biasa. Hidupkan hp. Jika cara ini masih belum berhasil, berarti baterai tersebut memang sudah rusak dan harus diganti.
Catatan
        Cara paling mudah mengatasi baterai drop adalah menggantinya dengan membeli baterai baru. Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai drop adalah "suntik baterai" dengan menggunakan desktop multi. Jika menyuntik baterai dilakukan dengan menggunakan power supply, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.       Siapkan power supply (adaptor) sebagai sumber tegangan sekaligus untuk mengetahui besar arus pada baterai.
2.       Perhatikan jarum indikator, tedapat huruf A dab V. Huruf A menunjukkan besarnya arus, huruf V menunjukkan besarnya tegangan.
3.       Kalibrasikan sebesar 3,6 volt. Caranya, putar panel ke arah kanan sehingga jarum indikator pada boks V bergerak ke arah 3,6 volt. Setelah mencapai kalibrasi, matikan kembali power.
4.       Hubungkan baterai ke power supply. Perlu diperhatikan ketika menghubungkan kutub positif (kabel merah) pada plat positif baterai dan kutub negatif (kabel hitam), power supply harus dalam keadaan mati untuk menghindari terjadinya kejutan tegangan.
5.       Setelah terselubung, kita masuki tahapan penyuntikan. Hidupkan power supply (lampu indikator warna kuning).
6.       Kalibrasikan kembali besarnya arus baterai (putar panel di power supply) hingga lampu berubah menjadi warna merah. Lampu merah merupakan batas kemampuan baterai tersebut. Caranya, putar panel tersebut kearah kanan, namun jangan sampai lampu indikator berubah menjadi merah. Bila telah dicapai pengalibrasian, proses penyuntikantelah berlangsung. Proses ini memakan waktu 1-2 jam.

4.      Suara Ringtone Rusak
Penyebab
Terlalu sering men-download nada ringtone melebihi kapasitas memori hp. Kondisi ini mengakibatkan hp sering hang ataunot accepted.
Korosi pada buzzer disebabkan oleh kontaminasi cairan, sehingga arus yang masuk menjadi terhambat dan buzzer menjadi lambat. Pada hp jenis Nokia, kerusakan ringtone diakibatkan oleh rusaknya IC COBBA, yakni IC audio khusus Nokia dengan nama COBBA. IC audio ini mengatur arus masuk pada buzzer.
Jika suara ringtone bisu penyebabnya adalah buzzer mati. Buzzer mati biasanya akibat hp terkena panas, tersiram cairan sehingga korsleting , atau ada jalur pada PCB yang putus akibat hp terjatuh.
Pemerikasaan
        Cukup dilakukan dengan mendengarkannya
Solusi
        Perbaikan dilakukan dengan cara flashing sesuai dengan data dan versi yang sama. Flashing dilakukan akibat hp hangkarena men-download nada ringtone melebihi kapasitas memori yang tersedia. Flashing akan membuang sebagian filedownload yang masuk pada memori hp.
Catatan
        Apabila hp menerima panggilan tetapi tidak terdengar nada dering padahal hp dalam setingan yang benar, berarti buzzer bermasalah. Kondisi ini disebut "buzzer no active". Untuk itu lakukan hal-hal berikut :
Cek dengan multitester
Jika buzzer hidup ditandai dengan bunyi, sedangkan bila tidak berbunyi berarti buzzer rusak dan harus diganti.
Periksa jalurnya jika buzzer hidup tetapi ringtone tidak bunyi.
Bila buzzer tidak rusak dan jalurnya bagus, coba lakukan reset ke setingan awal.

5.      Hang
Hang pada Keypad
Hang pada keypad adalah kondisi keypad tidak aktif sehingga hp tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Penyebab
Putusnya jalur hubungan antara keypad dengan CPU akibat ada gangguan. Gangguan ini bisa disebabkan oleh masuknya partikel-partikel asing seperti debu atau air sehingga menghambat jalur dan putus.
Terjadi hubungan singkat pada jalur yang menghubungkan CPU ke keypad. Ini bisa disebabkan oleh hp yang jatuh sehingga timah solderan lepas. Menempelnya potongan timah pada jalur (CPU – keypad) dapat mengakibatkan korsleting. Jika dibiarkan, jalur akan terganggu sehingga aliran data menjadi kacau dan hp benar-benar mengalami hang bukan pada keypadnya saja melainkan keseluruhan.
Pencegahan
Perawatan dan perhatian khusus pada hp dapat mencegah keypad hang. Perawatan yang dimaksud antara lain rajin membersihkan hp, baik pada bagian dalam maupun bagian luar agar terbebas dari risiko  masuknya debu, air, atau partikel-partikel lain yang dapat merusak.
Penambahan pengamanan dengan memasangkan sarung khusus hp.
Meletakkan hp pada suhu kamar (tidak terlalu panas atau dingin).
Solusi
Keypad yang hang masih bisa dimatikan dengan menekan tombol power on/of.
Jalur yang putus dapat disambung kembali dengan men-jumper-nya, yakni menyambung arus yang terputus dari satu kaki komponen ke kaki komponen lain. Men-jumper tidak mudah, karena kita harus tahu terlebih dahulu arah jalur dan jalur mana yang putus.
Untuk mencegah terjadinya korsleting akibat timah menempel pada jalur, bersihkan papan PCB dengan menggunakan cairan IPA.
Hang Total
Hang total yakni hp mengalami hang secara keseluruhan, sehingga tidak dapat digunakan.
Penyebab
1.       Salah memasukkan data pada hp sehingga tidak sesuai dengan versi dan memori yang tersedia.
2.       Kesalahan dalam mengaplikasikan hardware dan software juga menjadi penyebab hang pada hp. Masalah yang berhubungan dengan hardware di antaranya hp sering terjatuh sehingga kinerja CPU menjadi terganggu, sedangkan masalah pada software bisa disebabkan softw
are yang cacat.
3.       Pemakaian memori hp yang berlebih atau tidak sesuai dengan kapasitas sehingga memori hp tidak mempunyai ruang untuk melaksanakan perintah dari si pengguna (user).
Solusi
1.       Lakukan flashing dan kembalikan data pada versi semula.
2.       Pada saat hp hang, cukup copot baterainya saja kemudian pasang kembali.
3.       Jika masih hang, coba lakukan setingan ulang pada hp, tetapi untuk melakukannya kita harus mengetahui security code-nya terlebih dahulu. Jika tidak tahu atau lupa, tanyakan saja ke tempat kita membeli hp atau pada service center hp tersebut. Sebagai contoh, security code pada hp jenis Nokia adalah (1234) dan pada hp jenis Sony Ericsson adalah (0000).
4.       Solusi lain, lakukan up grade pada hp. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri, cobalah bawa ke service center atau tukang servis hp.
5.       Jika langkah-langkah di atas masi belum mumpuni, dapat dipastikan masalah ada pada CPU. CPU yang bermasalah hampir tidak mungkin untuk diatasi. Jika ponsel kita masih bergaransi, lebih baik serahkan saja langsung pada service centre resmi tanpa dikenakan biaya sepersen pun.
Tips Menghindari Hang
1.       Hindari hp dari benturan keras.
2.       Usahakan memencet keypad tidak terlalu keras atau cepat, khususnya ketika mengetikkan SMS. Ini untuk memudahkan memori hp mengirim perintah ke CPU. Memencet keypad secara proporsional juga akan memudahkan CPU merespon perintah yang diberikan.
3.       Sesuaikan pemakaian memori pada hp Anda dengan kapasitas yang tersedia.


6.      Mati Total (Matot)
Penyebab
Hp sering terjatuh atau terkena cairan. Hp yang jatuh berisiko mengalami kerusakan hardware, khususnya CPU. Jika CPU rusak, akan sangat sulit diperbaiki. Pasalnya CPU merupakan tempat pemrosesan dan penyimpan data ke memori.
Hp matot juga dapat disebabkan oleh kerusakan software.
Solusi
Jika hp terkena cairan, cepat lepaskan baterai agar tidak terjadi korsleting menyeluruh.
Cek, apakah ada arus atau tidak. Jika tidak ada, lakukan pengecekan pada bagian komponen hardware lainnya.
Gunakan multitester. Jika pada hp ada arus, coba lakukan flashing.

7.       Hape Terkena Cairan
Ponsel yang terkena cairan akan mengalami korosi, bahkan bisa mati total. Ciri-ciri hp yang terkena cairan diantaranya tampak bercak-bercak putih pada papan PCB secara keseluruhan.
Penyebab
Terkena cairan apa pun kecuali cairan IPA yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen hp.
Solusi
1.       Jika hp kemasukan cairan, segera lepaskan baterai agar tidak terjadi korsleting menyeluruh.
2.     Buka baut dengan menggunakan obeng khusus hp, lepaskan LCD. Pada hp jenis tertentu, seperti Motorola dan Samsung, LCD dan PCB dibuat menempel sehingga membutuhkan solder untuk membukanya. Selesai penyolderan, bersihkan sisa timah dengan cairan IPA.
3.     Keringkan dengan menggunakan bot air cukup dengan memanfaatkan udara hangatnya saja. Jika tidak ada, kering anginkan dalam suhu kamar hingga PCB kembali kering.
4.     Cek arus pada PCB dan baterai dengan menggunakan multitester. Jika arus normal lanjutkan dengan mencoba menghidupkan hp.

8.      Rusak pada IC Power Supply (IC PS)
Penyebab
        Hp terlalu panas, terkena cairan, atau mengalami benturan keras.
Solusi
        Ganti IC power supply dengan yang baru.

9.      Rusak pada IC Power Amplifier (IC PA)
Kerusakan IC Power Amplifier (IC PA) akan menyebabkan hp mati total karena arus tidak mengalir ke komponen-komponen lain. Selain itu, hp akan searching terus-menerus karena berusaha mencari dan tidak dapat mengunci jaringan operator Base Transceiver Station (BTS).
Baterai hp menjadi boros karena komponen-komponen IC PA menggunakan daya yang lebih besar. Kondisi ini biasanya terjadi pada daerah yang sinyalnya kurang baik. Ini disebabkan komponen IC PA sudah tidak normal, sehingga arus yang dihasilkan kurang baik.
Penyebab
Hp terlalu panas, terkena cairan, atau mengalami benturan keras.
Solusi
Ganti IC PA dengan yang baru.

10.  Kerusakan pada IC RF
Penyebab
Hp terlalu panas, terkena cairan, atau mengalami benturan keras.
Korsleting
IC PA sudah lemah
Pemeriksaan
        Lakukan pemanggilan ke operator hp. Jika hp searching terus, artinya sinyal mental dan tidak dapat mengunci jaringan operator. Atau bisa juga sinyal selalu memanggil balik ke kondisi "no connected", sehingga tidak dapat mengunci panggilan. Jika demikian kondisinya, kemungkinan besar IC RF/IF rusak.
Solusi
        Jika IC RF memang benar-benar rusak, ganti dengan yang baru.


11.  Terkena Benturan (Contact Service)
Istilah contact service sering ditemukan pada hp-hp Nokia dan menyebabkan hp menjadi trouble shooting.
Penyebab
        Hp terjatuh dan mengalami benturan yang keras. Atau bisa juga terkena cairan. Kondisi ini juga mengakibatkan kerusakan pada komponen hardware dan software.
Pemeriksaan
1.       Cek bagian konektor atau langsung ke PCB. Jika ada arus, tes dengan cara flashing. Jika tidak ada arus, cek komponen IC power, IC IF, dan IC RF. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem penerimaan dan pemancar sinyal hp masih berjalan dengan baik.
2.       Perhatikan kondisi PCB, apakah masih lurus, retak, atau sudah patah. PCB yang retak atau tidak lurus lagi dapat mengakibatkan jalur-jalur yang berhubungan dengan IC putus, sehingga mengakibatkan putusnya hubungan arus dari satu komponen ke komponen lain.
Solusi
a.       Kerusakan pada software
Untuk memperbaiki kerusakan pada bagian software tentu tidak begitu rumit, karena kita tidak perlu membuka bagian dalam hp tersebut. Proses perbaikan dilakukan dengan cara me-reflash (flashing ulang) menggunakan bantuan computer. Proses ini dilakukan untuk memasukkan kembali data baru ke dalam program hp.
Gunakan software yang sesuai dengan tipe hp Anda. Ada beberapa jenis software yang biasa digunakan untukflashing. Misalnya, Nokia menggunakan software Griffin dan Prodigy, sedangkan Sony Ericsson menggunakan softwareSony Ericsson Fighter.
Agar lebih aman, flashing hendaknya dilakukan oleh service centre resmi atau ahli servis hp. Jika kita ingin mencoba melakukan flashing sendiri, hendaknya dipandu oleh orang yang memang ahli dan telah berpengalaman melakukan proses ini. Pasalnya proses ini sangat berisiko. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan :
1.       Persiapkan alat-alat yang diperlukan sesuai dengan hp yang akan di up grade.
2.       Koneksikan kabel ke PC dan ke hp, ingat hp harus dalam keadaan mati, sim card, dan baterai harus dicabut.
3.       Buka program flasher untuk seri hp tertentu pada komputer.
4.       Pilih versi firmware yang diinginkan.
5.       Lakukan proses flashing. Yang penting dilakukan saat melakukan flashing adalah komputer tidak membuka atau menjalankan program aplikasi lain sehingga proses flashing tidak terganggu. Setelah selesai, akan muncul pesan pada PC Anda kemudian lepas kabel koneksi.
6.       Pasang kembali baterai dan sim card.
7.       Restart hp Anda.
b.       Kerusakan pada hardware
Biasanya terjadi pada komponen IC audio dan IC power supply. Kemungkinan paling besar terjadi pada komponen IC audio. Tapi komponen ini akan bekerja jika mendapat tegangan dari IC PS. Jika komponen IC PS rusak, komponen lain termasuk IC audio juga tidak akan berfungsi. Seperti diketahui, komponen IC audio berfungsi memperbesar gelombang suara agar dapat terdengar dengan jelas.
IC audio juga berfungsi sebagai pengubah getaran dari digital ke analog atau sebaliknya. Kerusakan pada komponen ini menyebabkan suara menjadi kecil dan contact service.
Langkah perbaikan, ganti komponen dengan yang baru. Sebelum mengganti komponen, sebaiknya coba panaskan terlebih dahulu komponen yang rusak dengan solder uap (hot air). Langkah ini dilakukan untuk mengecek apakah kaki-kaki pada IC menempel dengan baik. Jika masih baik tentunya kita tidak perlu mengganti komponen ini dengan yang baru.
Jika komponen telah diganti tetapi hp tetap tidak kembali normal, lanjutkan kembali dengan mengganti komponen pada IC PS. Fungsi komponen IC PS adalah sebagai pengatur tegangan dari baterai ke seluruh rangkaian komponen.


12.  Hp No Voice
Kerusakan pada Mikrofon
Penyebab
Jalur atau rangkaian mikrofon atau speaker rusak, bisa akibat benturan, jatuh, atau terkena cairan.
                Pemeriksaan kerusakan pada mikrofon
Tes dengan cara menelepon ke beberapa orang. Jika semuanya ternyata tidak dapat mendengar suara dari ponsel milik kita, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada jalur mikrofon (no voice).
Perlu diketahui, pengecekan kerusakan pada mikrofon tidak dapat dilakukan dengan menggunakan multitester. Selain tidak terdeteksi, penggunaan multitester malah akan memperburuk kondisi bagian tersebut.
                Solusi
1.       Ganti bagian mic-nya.
2.       Jika mic sudah diganti tetapi ponsel masih dalam keadaan semula, coba cek beberapa komponen dan jalur-jalurnya.
3.       Periksa jalur mikrofon, jalur ini menghubungkan komponen resistor, transmit, dan IC audio. Untuk mengetahui apakah jalur ini bermasalah gunakan multitester. Jika jarum multitester bergerak, berarti jalur tersebut masih berfungsi. Sebaliknya, jika jalur tersebut telah putus, perbaiki dengan men-jumper agar jalur tersambung kembali.
4.       Jika jalur sudah dalam kondisi baik tetapi hp tetap seperti kondisi semula, cobalah cek IC audio. Jika IC audio rusak, segera ganti dengan yang baru.
Kerusakan pada Speaker
Untuk mengetahui kerusakan pada speaker, cobalah minta kepada teman untuk menelepon hp kita. Jika suara lawan bicara tidak terdengar, kemungkinan besar speaker ponsel kita mengalami kerusakan.
                Penyebab
Jalur audio terputus. Bias akibat benturan, jatuh, atau terkena cairan.
                Pemeriksaan
1.       Periksa speaker dengan menggunakan multitester. Saat memeriksa tidak menjadi masalah jika letak kutub-kutub multitester tertukar.
2.       Jika kondisi speaker masih dalam keadaan baik, jarum multitester akan bergerak dan akan terdengar suara pada speaker. Tetapi jika suara tidak terdengar, lakukan tes jalur audio dengan multitester.
Solusi
1.       Bila jarum multitester bergerak bisa dipastikan kondisi jalur masih bagus.
2.       Jika tidak bergerak, kemungkinan jalur terputus. Untuk mengatasinya lakukan penyambungan jalur (jumper).
3.       Bila jalur dalam kondisi baik tetapi hp masih belum berfungsi, gantilah IC audionya. Kerusakan kasus ini terjadi karena putusnya kaki IC atau terjadi hubungan singkat pada kaki IC. Untuk mengatasinya, lakukan penyolderan ulang. Namun langkah ini berisiko sangat besar karena akan mengakibatkan hp mati.
sumber :rizumi

6 komentar:

  1. SAYA PAK HASAM DARI PULAU NIAS INGIN BERBAGI SAMA ANDA SEMUA DENGAN CARA MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU BISA LEGA KARNA BERKAT BANTUAN DARI BELIAU HUTANG SAYA YANG RATUSAN JUTA TERLUNASKAN,DAN SEKARANG SAYA SUDAH SUKSES KARNA SAYA MENGIKUTI PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR DAN TERYATA ITU BETUL BETUL TERBUKTI,AWALNYA SAYA RAGU KARNA SAYA SUDAH DI TIPU 5 X DARI DUKUM PALSU YANG KATANYA BISA MENBANTU MALAHAN MENBUAT SAYA HUTAN SANA HUTAN SINI KARNA PERMINTAN MAHAR YANG TIADA HENTINYA,TAPI DALAM HATI KECIL SAYA TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUM DI INTERNET PALSU AHIRNYA SAYA BEGABUNG DENGAN KIYAI KANJENG DIMAS DENGAN CARA MENBAYAR SHAKAT TERLEBIH DAHULUH AHIRNYA SAYA DAPAT 10 MILYAR CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA INI SERIUS BUKAN REKAYASA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI HUB KIYAI KANJENG DI 085-320-279-333





    SAYA PAK HASAM DARI PULAU NIAS INGIN BERBAGI SAMA ANDA SEMUA DENGAN CARA MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU BISA LEGA KARNA BERKAT BANTUAN DARI BELIAU HUTANG SAYA YANG RATUSAN JUTA TERLUNASKAN,DAN SEKARANG SAYA SUDAH SUKSES KARNA SAYA MENGIKUTI PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR DAN TERYATA ITU BETUL BETUL TERBUKTI,AWALNYA SAYA RAGU KARNA SAYA SUDAH DI TIPU 5 X DARI DUKUM PALSU YANG KATANYA BISA MENBANTU MALAHAN MENBUAT SAYA HUTAN SANA HUTAN SINI KARNA PERMINTAN MAHAR YANG TIADA HENTINYA,TAPI DALAM HATI KECIL SAYA TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUM DI INTERNET PALSU AHIRNYA SAYA BEGABUNG DENGAN KIYAI KANJENG DIMAS DENGAN CARA MENBAYAR SHAKAT TERLEBIH DAHULUH AHIRNYA SAYA DAPAT 10 MILYAR CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA INI SERIUS BUKAN REKAYASA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI HUB KIYAI KANJENG DI 085-320-279-333





    SAYA PAK HASAM DARI PULAU NIAS INGIN BERBAGI SAMA ANDA SEMUA DENGAN CARA MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU BISA LEGA KARNA BERKAT BANTUAN DARI BELIAU HUTANG SAYA YANG RATUSAN JUTA TERLUNASKAN,DAN SEKARANG SAYA SUDAH SUKSES KARNA SAYA MENGIKUTI PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR DAN TERYATA ITU BETUL BETUL TERBUKTI,AWALNYA SAYA RAGU KARNA SAYA SUDAH DI TIPU 5 X DARI DUKUM PALSU YANG KATANYA BISA MENBANTU MALAHAN MENBUAT SAYA HUTAN SANA HUTAN SINI KARNA PERMINTAN MAHAR YANG TIADA HENTINYA,TAPI DALAM HATI KECIL SAYA TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUM DI INTERNET PALSU AHIRNYA SAYA BEGABUNG DENGAN KIYAI KANJENG DIMAS DENGAN CARA MENBAYAR SHAKAT TERLEBIH DAHULUH AHIRNYA SAYA DAPAT 10 MILYAR CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA INI SERIUS BUKAN REKAYASA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI HUB KIYAI KANJENG DI 085-320-279-333

    BalasHapus
  2. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    BalasHapus
  3. hp samsung note 3 made in korea saya mati bro... katanya ic powernya harus diganti, tp masalahnya ic powernya tidak sesuai dengan ic power di indonesia.

    yang saya tanyakan kalau digantu dengan merk hp yang sama dan sama" dari koreanya apakah bisa? trus yang dicek kecocokan komponennya itu dibagian mana?

    BalasHapus
  4. Gan kalo hp ngga bisa aktifin 4g gmn ya,, kartu udah 4g di hp lain bisa. Hp ame lenovo k5 plus 2gb

    BalasHapus
  5. Gan kalo hp ngga bisa aktifin 4g gmn ya,, kartu udah 4g di hp lain bisa. Hp ame lenovo k5 plus 2gb

    BalasHapus

komentar dengan mengunakan bahasa indonesia yang baik dan benar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogroll

Blogger news

Pembaca

Copyright © 2012. CARAMUS - All Rights Reserved my facebook o group my fans page